Sabtu, 03 Oktober 2009

Analisis Jurnal 2 Individu (Wulan Dini Lestari / 11207178 / 3EA01)

Faktor yang Mempengaruhi Sikap Audience Terhadap Product/Brand Placement dalam Acara TV
(Studi Kasus Indonesian Idol 2007 & Mamamia Show 2007)
Pengarang :
Leonid Julivan Rumambi
Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra Surabaya
Email:Scylics@petra.ac.id/Leonid.julivan@gmail.com
Blog:http://scylics.multiply.com
http://www.petra.ac.id/puslit/journals/dir.php?DepartmentID=MAN
(1)Tema : Menilai faktor-faktor utama yang mempengaruhi sikap audience terhadap product/ brand placement serta seberapa besar kontribusi masing-masing faktor yang ada.
(2)Latar Belakang Masalah : Apakah ke-4 faktor tsb dapat mempengaruhi sikap audience terhadap product/brand placement ? , Bagaimana faktor-faktor tsb dapat mempengaruhinya ?
(3)Tujuan : Untuk mengetahui faktor-faktor utama yang mempengaruhi sikap audience terhadap product placement pada acara televisi Indonesian Idol 2007 dan/atau Mamamia Show 2007.Untuk mengkaji faktor-faktor tsb dengan 4 faktor utama (attention,acceptance,ethics & regulation serta reference) beserta dengan 23 variabel yang menyusun/membentuk faktor-faktor tersebut.
(4)Metodologi : Populasi penelitian ini adalah audience dari acara televisi Indonesian Idol 2007 dan/atau Mamamia Show 2007, dimana pengambilan sampel dilakukan secara non-probability sampling , jenis yang dipilih yaitu convenience sampling (teknik non-probability sampling yang memilih orang-orang dari tempat atau unit yang paling mudah dijumpai/diakses ,Santoso &Tjiptono ,2001:90).Atribut yang diteliti meliputi 4 attitude factor yaitu attention acceptance,ethics & regulation serta reference . Ke-4 attitude factor tsb dijabarkan dalam 23 variabel/pertanyaan kuisioner.Pengolahan data menggunakan software SPSS 15.Berdasarkan output , didapatkan angka KMO(Kaiser-Meyer-Olkin) Measure of Sampling Adequacy (0,862) dengan signifikansi sebesar 0,000 pada 0,862 berada diatas 0,5 & signifikasi 0,000 ≥ 0,05 menunjukkan bahwa sampel mencukupi untuk melakukan analisa faktor.BTS (Bartlett’s Test of Sphericity) senilai 1480,343 (p<0,001) yang mengindikasikan bahwa hypothesis variance & covariance matrix of variables sbg identity matrix ditolak , shg analisa faktor dpt digunakan (Argan et al,2007).Faktor 1 , acceptance → 8 variabel/item 4,352 % of variance.Faktor 2 , ethics & regulation → 5 variabel/item 3,445 of variance.Faktor 3 , attention → 6 variabel/item 3,184%.Faktor 4 , reference →2 variabel/item 2,102% .
(5)Hasil Penelitian dan Pembahasan: Responden pada penelitian ini menampilkan sikap yg netral & cenderung sedikit positif (favorable) terhadap penerapan Product/Brand Placement dalam acara TV yg dijadikan studi kasus.Penelitian pada artikel yang dijadikan pada pedoman ini menyebutkan bahwa para responden dalam penelitian-penelitian ini tidak menunjukkan sikap negative yg tinggi khususnya terhadap 3 faktor product/brand placement yaitu attention , acceptance & reference , namun terhadap factor ke 4 yaitu ethics & regulation menunjukkan sikap negative dengan the explained variance sebesar 53,53%.Adapun untuk hasil penelitian ini nilai the variance explained yang dihasilkan adalah 63,823% dengan besar prosentase untuk masing-masing faktor yaitu ‘acceptance’ (18,923%) , ethics & regulation (14,978%) , attention (13,844%) , reference (9,139%) .Dari hasil analisis , faktor-faktor tsb dapat menjelaskan sikap audience terhadap acara TV yang dijadikan objek penelitian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar